Wednesday 27 November 2013

Manfaat Internet Bagi Pendidikan, Pemerintahan, dan Perdagangan

1. Pendidikan
- Internet dapat digunakan untuk mempengaruhi peningkatan motivasi dan menguatkan pengajaran serta meningkatkan lingkungan psikologi pada anak didik.

- Untuk merangsang dan memotivasi siswa atau mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun terapan.
- Sebagai media tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar yang dilakukan dengan menggunakan Internet.
- Untuk menghemat waktu dalam mengerjakan tugas-tugas dan riset-riset yang di perintahkan.
- Proses pengembangan ilmu dan teknologi lebih cepat karena hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama.
 
2. Pemerintahan
- Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan Aspirasi Masyarakat. Kegiatan para pejabat biasanya sibuk. Sekarang, para pejabat dapat menerima aspirasi masyarakat dengan mudah dan cepat dengan cara membuka website khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
- Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan. Saat ini masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dengan mudah dengan cara menyampaikan aspirasi tersebut melalui portal atau website khusus milik pemerintah.
- Melalui perantara Media Internet Antara pemerintah dan masyarakat dapat terjadi hubungan yang berkesinambungan berkat website yang dikelola pemerintah
- Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah· Pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan KKN lebih terawasi masyarakat Dengan adanya website milik pemerintah, masyarakat tidak merasa ragu-ragu terhadap jalannya pemerintahan karena berbagai laporan mengenai jalannya pemerintahan terdapat di website tersebut.
- Melalui media Internet dapat dimanfaatkan untuk Mengundang turis baik turis domestik maupun turis mancanegara Biasanya website yang dikelola pemerintah, menyediakan halaman mengenai objek wisata di daerahnya. 
- Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri. Berkat website yang dikelola pemerintah, para investor dapat melihat-lihat sesuatu yang dapat diinvestasikan.  - Internet dapat digunakan sebagai media untuk berkampanye. Kampanye sebaiknya dilakukan melalui internet. Karena selain tidak mengganggu ketertiban, dan berkampanye di internet juga lebih efektif dan lebih efisien.
- Mealalui internet terdapat Fasilitas Teleconference Melalui fasilitas Teleconference ini, pemerintah dapat mengadakan konferensi dengan lebih efektif dan efisien, tanpa memerlukan banyak uang dan waktu.
- Internet Juga dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang Hasil Pemilu secara Online dan Real Time contohnya di wesite http://www.kpu.go.id dan http://www.hasilpemilu99.or.id dan sebaginya hal ini tentunya memberikan sifat keterbukaan (Transparansi) pada proses perhitungan Hasil Pemilu.

3. Perdagangan

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh pelaku usaha antara lain :
- Perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain, perusahan atau toko dapat menjual produknya kepada siapa saja dipenjuru belahan dunia.
-  Efektifitas Tempat, dimana perusahan tidak perlu membuka banyak cabang untuk distribusi barang.
- Efesiensi biaya, mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu merekrut banyak pegawai toko dan tidak perlu menyediakan tempat yang luas.
- Dengan melakukan penghematan biaya yang dikeluarkan, otomatis perusahan dapat menekan seminimal mungkin harga jual kepada pelanggan. Sehingga lebih banyak pelanggan yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Dengan demikian barang menjadi lebih banyak yang terjual dan profit perusahaanpun bertambah besar
- Pemanfaatan teknologi dapat menjangkau kepada calon pembeli diseluruh dunia, sehingga biaya promosi akan lebih efesien.
  - Bagi para pelaku usaha pedagang kelas menengah kebawah, teknologi inforamsi cukup membantu. Dimana mereka cukup melakukan pemesanan via internet tanpa harus datang ke grosir. Adapun Keuntungkan yang didapat oleh konsumen antara lain :
- Pembeli tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup terkoneksi dengan Internet, pilih barang dan selanjutnya melakukan pemesanan barang, dan barang akan di antar ke rumah.
- Menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja, karena semua barang belanjaan bisa dipesan melalui perantara media internet khususnya situs yang menjual belikan barang apa yang ingin anda beli..
- Pilihan yang ditawarkan sangat beragam, sehingga sebelum melakukan pemesanan kita dapat membandingkan semua produk dan harga yang ditawarkan oleh perusahaan E-Commerce.
- Dengan perantara internet kita dapat membeli barang dinegara lain secara online.
- Harga yang ditawarkan sangat komfetitif, karena tingkat persaingan dari pelaku usaha melalui media internet sehingga mereka bersaing untuk menarik perhatian dengan cara menawarkan harga serendah-rendahnya.

No comments:

Post a Comment