Wednesday 11 September 2013

Inilah 10 Tempat Wisata Terbaik di Negeri Ginseng

Kepopuleran boybandgirlband, dan drama Korea berpengaruh besar terhadap industri pariwisata di negara tersebut. Banyak wisatawan datang ke Korea untuk menyaksikan langsung tempat-tempat indah yang menjadi lokasi syuting drama romantis Korea, atau sekedar melihat-lihat negara asal
idola mereka. Tak heran jika kini Korea Selatan berkembang menjadi salah satu negara tujuan wisata terpopuler di Asia. Tertarik mengunjungi Korea? Simak dulu 10 destinasi terbaik di Korea Selatan dalam Travelers Choice 2013 dari TripAdvisor berikut.
1. N Seoul Tower
N Seoul Tower, juga dikenal sebagai CJ Tower, Namsan Tower, dan Seoul Tower, menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Korea Selatan. Menara setinggi 234 meter ini merupakan simbol Seoul dan tercatat sebagai titik tertinggi di kota tersebut, mirip seperti Monas di Jakarta. Dari dek observasi di bagian atas menara, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan kota Seoul hingga 360 derajat. Sementara itu, bagian dalam menara dilengkapi dengan fasilitas yang menarik wisatawan seperti toko souvenir, Museum Teddy Bear, serta restoran berputar yang benar-benar bergerak memutar setiap 48 menit sekali.
2. Gyeongbokgung
Ingin melihat istana kerajaan versi Korea? Berkunjunglah ke Gyeongbokgung yang terletak di kota Seoul bagian utara. Gyeongbokgung secara harfiah berarti “istana yang sangat diberkati oleh surga”. Dalam kondisi hari yang cerah, Gyeongbokgung memang tampak megah dan menakjubkan mirip istana di atas langit dalam film “Sun Go Kong”. Gyeongbokgung terdiri atas banyak gerbang, lapangan luas, dan bangunan-bangunan megah dengan desain khas Korea. Dulunya, istana megah ini kediaman utama raja di Korea.
Gyeongbokgung
Gyeongbokgung
3. Monumen Peringatan Perang Korea
Monumen Peringatan Perang Korea (War Memorial of Korea) dibangun untuk mengenang masa-masa kelam pada zaman perang di Korea. Situs bersejarah ini menempati lahan seluas 20.000 m2 di kawasan Yongsan-dong, Seoul, bekas markas tentara Korea. Sekitar 13.000 benda-benda militer dan barang peninggalan perang dipamerkan di 6 ruangan dengan tema berbeda yaitu Aula Memorial, Sejarah Perang, Perang Korea, Ruang Pasukan Ekspedisi, Ruang Angkatan Bersenjata ROK, serta Ruang Peralatan Besar.
4. Changdeokgung
Mirip seperti Gyeongbokgung, Changdeokgung merupakan bangunan istana megah di Korea Selatan. Changdeokgung kerap disebut sebagai Istana Timur karena lokasinya memang berada di sebelah timur Gyeongbokgung. Kepopuleran istana ini melonjak ketika sebagian wilayahnya digunakan sebagai latar film drama populer Korea “Dae Jang Geum”. Sejak tahun 1997, Changdeokgung dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.
Changdeokgung
Changdeokgung
5. Kuil Haedong Yonggung
Tempat wisata populer Korea kebanyakan berada di wilayah Seoul, namun objek wisata yang satu ini berlokasi di Busan, kota pesisir di Korea Selatan. Kuil Haedong Yonggung bisa dibilang sebagai objek wisata utama di Busan yang letaknya berdampingan dengan laut. Kuil Buddha yang memiliki suasana tenang ini menjadi tempat pelarian warga lokal dari kesibukan dan keramaian kota Busan. Di sekeliling kuil, terdapat restoran-restoran seafood lezat yang menjadi ciri khas kota Busan.
6. Benteng Hwaseong
Benteng Hwaseong berdiri kokoh di wilayah Gyeonggi-do mengelilingi pusat kota Suwon. Dengan panjang sekitar 5,74 km dan tinggi antara 4-6 m, Benteng Hwaseong mengitari area seluas 1,3 km2. Di balik kemegahannya, benteng yang dibangun pada tahun 1794 ini menyimpan sejarah yang kelam. Benteng Hwaseong dibangun untuk mengenang Pangeran Sado yang dibunuh oleh ayahnya sendiri Raja Yeongjo karena menolak melakukan bunuh diri. Cara membunuhnya cukup sadis yaitu dikunci hidup-hidup di dalam tempat penyimpanan padi.
Benteng Hwaseong
Benteng Hwaseong
7. Bulguksa
Dibangun pada tahun 528 pada masa Dinasti Silla, Bulguksa memiliki desain yang cantik dengan susunan batu-batu yang artistik. Tak heran jika kuil yang berlokasi di kawasan Gyeong-Ju ini dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995. Bulguksa disebut-sebut sebagai maha karya terindah dari kesenian Buddha di kerajaan Silla. Kuil indah dan megah ini pernah terbengkalai pada tahun 90-an, namun rekonstruksi besar-besaran yang dilakukan tahun 1969 dan 1973 mampu mengembalikan Bulguksa ke bentuk semula.
8. Panmunjom
Ingin merasakan langsung suasana perang dingin antara Korea Selatan dan Korea Utara? Datang saja ke kawasan Panmunjom, sebuah wilayah tak berpenghuni yang menjadi perbatasan secara de facto antara kedua negara tersebut. Panmunjom menjadi lokasi penandatangan Perjanjian Gencatan Senjata pada tahun 1953 yang menghentikan perang antar Korsel dan Korut untuk sementara. Hingga kini, pasukan kedua negara selalu sigap berjaga-jaga di sisi yang berlawanan di Panmunjom.
Panmunjom
Panmunjom
9. Haeinsa
Haeinsa merupakan sebuah kuil di provinsi South Gyeongsang, Korea Selatan. Kuil Buddha ini cukup populer di kalangan wisatawan karena menjadi rumah dari Tripitaka Koreana, kitab suci Buddha yang diukir di atas 81.350 lembar kayu. Dibangun pada tahun 802, Haeinsa merupakan satu dari tiga Kuil Permata Korea yang menjadi pusat penyebaran agama Buddha di kawasan tersebut.
10. Beomeosa
Lagi-lagi, kuil menjadi destinasi wisata utama di Korea. Kuil yang satu ini berlokasi di salah satu kota besar Korea, Busan, tepatnya di kaki gunung Geumjeong. Beomeosa, dalam bahasa Korea berarti “Kuil Ikan Surga”, merupakan salah satu kuil kota terpopuler di Korea. Nama Kuil Ikan Surga berasal dari mitos mengenai kemunculan ikan emas yang datang dari surga di sebuah sumur emas yang ada di kawasan kuil.
Beomeosa
Beomeosa

No comments:

Post a Comment