Wednesday 11 September 2013

Pulau Komodo, Habitat Indah Kadal Terbesar di Dunia

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di ujung Timur provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menjadi habitat dari kadal terbesar di dunia, Varanus komodoensis yang lebih dikenal dengan nama komodo. Ribuan komodo mendiami Pulau
Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya yaitu Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Gili Montang. Kelompok pulau tersebut kemudian membentuk Taman Nasional Komodo dan terpilih sebagai satu dari tujuh keajaiban alam dunia yang baru (New 7 Wonders of Nature) pada 11 November 2011.
Pulau Komodo
Pulau Komodo
Terpilihnya Taman Nasional Komodo sebagai salah satu keajaiban alam dunia membuat kunjungan ke Pulau Komodo terus meningkat. Wisatawan domestik dan mancanegara berdatangan ke pulau ini untuk menyaksikan makhluk purba mirip naga yang berkeliaran dengan bebas di sekitar pulau.  Selain menjadi habitat dari komodo, Pulau Komodo juga dihuni oleh banteng, musang, kera, dan berbagai jenis burung, salah satunya kakatua. Pulau yang letaknya berdampingan dengan Pulau Flores dan Sumbawa ini juga kaya akan vegetasi eksotis seperti kayu sepang dan pohon nitak.
Di kalangan wisatawan, Pulau Komodo juga terkenal dengan keindahan alamnya. Sebuah pantai di Pulau Komodo memiliki pasir berwarna pink dan berair jernih. Sebenarnya, pasir pink tersebut merupakan gabungan antara pasir putih dan pasir merah yang terbentuk dari Foraminifera (sejenis amoeba).  Selain pantai di Pulau Komodo, hanya ada 6 pantai lainnya di dunia yang memiliki pasir berwarna pink. Pantai di Pulau Komodo juga populer sebagai kawasan diving karena pemandangan bawah lautnya yang sangat indah.
Sebagai pulau kecil yang letaknya terpencil, Pulau Komodo hanya dihuni oleh 2.000 penduduk lokal. Sementara itu, total komodo yang menghuni pulau tersebut mencapai lebih dari 1.300 ekor. Sejak terpilih sebagai salah satu keajaiban alam dunia, Pulau Komodo semakin populer di kalangan wisatawan. Kepopuleran Pulau Komodo bahkan menandingi Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat. Khawatir akan resiko kerusakan ekosistem di Pulau Komodo akibat banyaknya wisatawan yang datang, pemerintah lokal berniat membatasi kunjungan ke Pulau Komodo sebanyak 300 wisatawan dalam jangka waktu tertentu.
Komodo
Komodo (Varanus komodoensis) adalah sejenis kadal raksasa dengan ukuran panjang rata-rata mencapai 2-3 meter. Reptil ini sering disebut sebagai Naga Komodo (Komodo Dragon) karena ukuran tubuhnya yang besar, penampakannya yang seram, dan keganasannya ketika sedang menghabisi mangsa. Reptil ini termasuk ke dalam golongan hewan yang rentan terhadap kepunahan. Oleh sebab itu, pemerintah mendirikan Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan pulau-pulau kecil lainnya untuk melindungi komodo dari kepunahan dengan cara menjaga kondisi lingkungan tempat tinggal komodo.
Komodo
Komodo

No comments:

Post a Comment