Wednesday 11 September 2013

Inilah Kolam Renang Terbesar di Dunia – San Alfonso del Mar

San Alfonso del Mar


Seberapa jauh kamu mampu berenang? 15 meter, 20 meter, atau mungkin 100 meter nonstop? Agak sulit memang menemukan kolam renang yang cukup panjang untuk mengetes jarak renang
maksimal yang bisa kita lakukan. Tapi, di kolam renang San Alfonso del Mar, Chili, semuanya jadi mungkin. Kamu bahkan bisa berenang sejauh 1 kilometer tanpa henti dari ujung kolam yang satu ke ujung lainnya di kolam renang terbesar di dunia ini.

San Alfonso del Mar

San Alfonso del Mar sebenarnya adalah nama sebuah resor yang berlokasi di Algarrobo, Chili, sekitar 100 km ke arah barat ibukota Chili, Santiago. Resor mewah ini menjadi populer dalam industri pariwisata dunia karena memiliki kolam renang terbesar di dunia dengan panjang 1 kilometer dan luas mencapai 8 hektar. Jumlah air yang dibutuhkan untuk mengisi kolam ini mencapai 250 juta liter atau setara dengan 66 juta galon.
Kamu mungkin bertanya-tanya dari mana air sebanyak itu berasal. Pengisian air di kolam renang San Alfonso del Mar sama sekali bukan masalah karena lokasinya yang bersebelahan dengan Samudera Pasifik. Kolam yang 20 kali lipat lebih luas dari kolam renang ukuran Olympic ini menggunakan teknologi modern untuk memompa dan menyaring air laut ke dalam kolam dan mengembalikannya ke laut secara berkala.
San Alfonso del Mar
San Alfonso del Mar
Dari jauh, San Alfonso del Mar menghasilkan pemandangan yang unik berupa kolam raksasa warna biru muda yang berdampingan dengan laut luas berwarna biru tua. Dari dekat, air pada kolam renang San Alfonso del Mar tampak amat jernih kebiruan sehingga dasarnya bisa terlihat hingga ke tempat yang paling dalam sekalipun.
Ngomong-ngomong, titik terdalam di kolam San Alfonso del Mar mencapai 35 meter, sehingga pengunjung tak hanya bisa berenang tapi juga berlayar di areal kolam. Sementara itu, tepi kolam renang San Alfonso del Mar dilapisi oleh pasir putih yang halus. Ini membuat laguna buatan tersebut tampak seperti lautan super jernih tanpa ombak.
Suhu Air di Kolam Renang San Alfonso del Mar
Suhu air di kolam renang San Alfonso del Mar dijaga agar tetap stabil di level 26 derajat Celsius, sedikit lebih hangat dibanding suhu lautan di sebelahnya. 26 derajat Celsius dianggap sebagai suhu yang tepat untuk berenang, tidak terlalu hangat hingga membuat kulit terasa tak nyaman atau terlalu dingin hingga bisa menyebabkan kaki kram.
Biaya Pembuatan Kolam Renang San Alfonso del Mar
Diperkirakan, pembangunan kolam renang San Alfonso del Mar mencapai US$3,5 juta (Rp35 miliar). Eits tunggu dulu, itu hanya biaya yang dihabiskan untuk merancang dan membangun sistem filtrasi pada kolam saja. Pembangunan kolam renang kebanggaan Chili ini memakan biaya sekitar US$1,5 miliar hingga US$2 miliar. Sementara itu, biaya perawatan tahunannya mencapai US$4 juta. Yah, cukuplah untuk membeli sepuluh mobil Ferrari.

No comments:

Post a Comment